Berita Daihatsu Ajak Komunitas Melihat Langsung Proses Pembuatan Mobil

 


PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar kegiatan Auto Clinic bertema 'How to Make a Car' di Head Office PT ADM di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Acara yang berlangsung pada 25 Juni lalu itu diikuti 80 peserta yang berasal dari komunitas Sahabat Klub chapter Jabodetabek.


Dalam kegiatan ini peserta berkesempatan melihat langsung demonstrasi pembuatan konsep design (sketch) mobil oleh para desainer Daihatsu. Tidak cuma itu, Daihatsu juga menampilkan clay modelling, dan video pengembangan mobil yang telah dilakukan.

Baca juga Dealer mobil daihatsu


Mark Widjaja selaku Industrial Design Division Head PT ADM menyampaikan, melalui sharing edukasi ini diharapkan para peserta mendapat insight gambaran besar proses pengembangan kendaraan secara keseluruhan.


"Daihatsu berkomitmen, untuk terus berusaha mengembangkan mobil best value product yang cocok untuk pasar Indonesia, sesuai dengan strategi utama Daihatsu, yaitu Dari Indonesia untuk Indonesia," terang Mark dalam keterangan resmi yang Liputan6.com terima, Selasa (11/7/2023).


Secara garis besar, tim Research and Development (R&D) Center ADM berikan sharing tentang tahapan pembuatan dan pengembangan mobil di Daihatsu terbagi menjadi 4 tahap besar, di antaranya:


1. Planning: Proses Survey & Interview untuk mendengar suara konsumen, sekaligus melakukan survey pasar untuk mengetahui beragam kondisi di Indonesia, serta dapat menentukan spesifikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar


2. Design: Konsep ide dan proses kreatif yang dituangkan dalam sketsa sebuah mobil, dilanjutkan dengan proses clay modelling untuk mengubah bentuk 2 dimensi menjadi 3 dimensi


 

Baca juga : Harga mobil daihatsu

Tahapan Lainnya


3. Engineering: Pada fase ini, desain mobil yang telah dibuat, diwujudkan menjadi gambar tehnik, dilanjutkan dengan proses pembuatan prototype


4. Testing: Produk prototype diuji performa, keamanan, keandalan, dan kinerjanya sebelum dipasarkan. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan yang dibuat sudah memenuhi standar kualitas global, serta sesuai dengan kebutuhan pasar.


Sebagai informasi, Daihatsu memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.


Area ini dilengkapi dengan fasilitas Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalanan di Indonesia dengan luas total sebesar 25 Hektare (Ha).